-->

follow us

Elemen Penting Bisnis Model Kanvas Yang Perlu Anda Ketahui


Bisnis model kanvas ialah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa visual chart yang terdiri dari 9 bagian. penerapan bisnis model kanvas kebanyakan didahului analisis SWOT untuk perusahaan yang sudah berjalan.
sebaliknya untuk perusahaan yang baru memulai, bisnis model kanvas dapat membantu perancangan dan aktivitas lain nya

Yang membedakannya dengan bisnis plan ialah dari segi kemudahan tampilan, bisnis model canvas sejatinya mempermudah detailing dari business plan ataupun perencanaan bisnis.

Pencetus bisnis model kanvas ialah Alexander Osterwalder yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation.

Osterwalder membagi 9 sekat, dimana 9 sekat ini adalah elemen-elemen dasar yang menunjang satu buah perencanaan bisnis.

9 bagian yang dimaksudkan, antara lain customer segments, value propositions, channels, customers relationship, revenue stream, key resources, key activities, key partners, serta cost structure.

Dengan mengetahui ke 9 elemen bisnis model kanvas itu, diharapkan para perencana bisnis, dapat kian terbiasa terarah, teratur dan terencana dalam mewujudkan gagasan bisnis apapun secara fleksibel termasuk gagasan bisnis modal kecil sekalipun ataupun gagasan bisnis inovatif lainnya.

Uraian 9 elemen dalam bisnis model kanvas


1. Customer segment


Blok ataupun sekat yang berperan mengidentifikasi klien ataupun pengguna produk yang dibangun. hal-hal yang diidentifikasi dapat mengenai demografi, psikografi, karakter-karakter khusus dari pelanggan.



2. Value proposition


Ialah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa saja sesungguhnya poin-poin yang dapat mendatangkan manfaat yang disodorkan perusahaan untuk customer segmentnya.

3. Channels
Ialah sekat yang berperan menuliskan tentang cara-cara sebuah brand mengkomunikasikan produknya. Di sanalah channel muncul. sarana untuk organisasi dalam memberikan posisi nilai pada customer segment.

4. Customer relationship

Ialah bagian bisnis model kanvas yang berisi cara sebuah perusahaan mengikat pelanggannya.

5. Revenue Streams


Elemen Revenue stream ialah bagian yang paling penting, pasalnya, di sinilah diungkapkan tentang gimana cara sebuah perushaan mendapat income.

6. Key resource ialah sekat dalam business model canvass yang berisikan daftar sumber daya yang hendaknya direncanakan dan dipunya perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka.

7. Key partners, elemen bisnis model yang satu berfungsi untuk koordinasi aliran sesuatu barang ataupun layanan lainnya. Posisi-posisi kolega kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektifitas dari key activites yang telah dibuat.

8. Key activities adalah ruang semua aktivitas yang berkaitan dengan daya produksi sebuah produk kegiatan utama organisasi untuk dapat menghasilkan proposisi nilai.

9. dan cost structure


Adalah komposisi dana untuk melaksanakan bisnis model serta mewujudkan proposisi nilai yang diberikan kepada klien.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner