Bisnis model kanvas ialah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa visual chart yang terdiri dari 9 bagian. penerapan bisnis model kanvas kebanyakan didahului analisis SWOT untuk perusahaan yang sudah berjalan.
sebaliknya untuk perusahaan yang baru memulai, bisnis model kanvas dapat membantu perancangan dan aktivitas lain nya
Yang membedakannya dengan bisnis plan ialah dari segi kemudahan tampilan, bisnis model canvas sejatinya mempermudah detailing dari business plan ataupun perencanaan bisnis.
Pencetus bisnis model kanvas ialah Alexander Osterwalder yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation.
Osterwalder membagi 9 sekat, dimana 9 sekat ini adalah elemen-elemen dasar yang menunjang satu buah perencanaan bisnis.
9 bagian yang dimaksudkan, antara lain customer segments, value propositions, channels, customers relationship, revenue stream, key resources, key activities, key partners, serta cost structure.
Dengan mengetahui ke 9 elemen bisnis model kanvas itu, diharapkan para perencana bisnis, dapat kian terbiasa terarah, teratur dan terencana dalam mewujudkan gagasan bisnis apapun secara fleksibel termasuk gagasan bisnis modal kecil sekalipun ataupun gagasan bisnis inovatif lainnya.
Uraian 9 elemen dalam bisnis model kanvas
1. Customer segment
Blok ataupun sekat yang berperan mengidentifikasi klien ataupun pengguna produk yang dibangun. hal-hal yang diidentifikasi dapat mengenai demografi, psikografi, karakter-karakter khusus dari pelanggan.